Jumat, 22 Januari 2016

Seluk - Beluk Emas

Seluk-Beluk Emas

Emas dalam bahasa Inggris disebut"gold Kata ini merupakan serapan dari bahasa Jerman Kuno, yaitu"gher yang berarti bersinar' atau kuning: Secara kimiawi, emas adalah unsur kimia dengan simbol Au, dari bahasa latin Aurum yang artinya cahaya fajar. Emas mempunyai nomor atom 79. Kode Iso-nya adalah xAU. Emas telah digali dan dicari untuk dijadikan koin, perhiasan, dan benda senilain sejak awal sejarah manusia.

Emas adalah logam yang padat, lembut, mengilat, dan juga logam yang paling lentur di antara logam mulia lainnya. Emas murni memiliki warna kuning cerah dan berkilau sehingga dianggap sangat menarik. Sifat emas tidak mudah bereaksi dengan bahan kimia lain yang menjadikannya sebagai bahan mulia, walaupun masih bereaksi terhadap klorin, florin, dan aqua regia. Satu gram emas dapat dipukul menjadi beberapa lembaran selebar 1 meter persegi, atau satu ons menjadi lembaran selebar 300 meter persegi.

Emas terbentuk dari proses magmatisme atau pengon- sentrasian di permukaan bumi dan dapat melebur dalam bentuk cair pada suhu sekitar 1.000 derajat Celcius.Emas dapat dipukul cukup tipis hingga menjadi transparan. Kekerasannya berkisar 2,5 sampai 3(skala Mohs). Selain itu, emas dapat memantulkan cahaya inframerah sehingga emas berguna sebagai perisai inframerah dan membuat baju tahan panas yang kemudian diaplikasikan pada baju luar angkasa para astronot. Sifat alamiah emas inilah yang menyebabkan nilai atau harga emas menjadi amat bernilai.

Selain itu, sepanjang sejarah peradaban manusia, emas telah identik dengan simbol kekayaan dan kemewahan. Dalam masa modern pun emas tetap memiliki nilai mulia karena sifat teknisnya yang tidak mudah teroksidasi dan kemampuannya alam mengantarkan listrik.

Source: Rulli Kusnandar ( Cara Cerdas Berkebun Emas)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar